Print 

Persyaratan Inovasi OPD BUMD

Persyaratan Inovasi OPD BUMD yang dapat mengikuti kompetisi adalah:

1.    Memberikan perbaikan pelayanan publik.

2.    Memberikan manfaat bagi masyarakat.

3.    Dapat dan/atau sudah direplikasi.

4.    Berkelanjutan.

5.    Inovasi sudah dilaksanakan minimal 6 (enam) bulan.

 

Peserta 

1.    Peserta Inovasi OPD BUMD adalah inovasi pelayanan publik dari OPD dan BUMD dengan mengacu pada kategori yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

2.    Setiap OPD atau BUMD dapat mengajukan lebih dari satu inovasi pelayanan publik.

 

Kategori Inovasi OPD BUMD 

Inovasi pelayanan publik dikelompokkan ke dalam 3 (tiga) kategori, yaitu: 

1.  Tata kelola pemerintahan, meliputi salah satu atau lebih unsur partisipasi, akuntabilitas, transparansi, efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, kualitas regulasi, penegakan hukum, ketertiban sosial, dan kontrol terhadap korupsi dalam pelayanan publik. Sampul proposal berwarna Kuning.

2.  Pelayanan Publik, dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Sampul proposal berwarna Hijau.

3.  Urusan Kewenangan yang lain dalam penyelesaian masalah-masalah sosial, pelayanan yang dilaksanakan melalui kontak langsung dengan masyarakat yang manfaatnya dirasakan langsung. Sampul proposal berwarna coklat.

 

Dalam rangka pengelompokkan tersebut, keikutsertaan dapat dilakukan sebagai berikut:

1.  Satu inovasi pelayanan publik hanya dapat diajukan dalam satu kategori.

2.  Satu inovasi pelayanan publik kemungkinan dapat memenuhi lingkup lebih dari satu kategori, namun wajib memilih salah satu kategori yang paling dominan.

 

Kriteria Inovasi OPD BUMD

Inovasi OPD BUMD harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

KRITERIA

DESKRIPSI

Memperkenalkan pendekatan baru

Memperkenalkan gagasan yang unik, pendekatan yang baru dalam penyelesaian masalah, atau kebijakan dan desain pelaksanaan yang unik, atau modifikasi dari inovasi pelayanan publik yang telah ada, dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik.

Produktif

Memberikan bukti hasil implementasi. 

Berdampak

Memberikan manfaat terhadap peningkatan atau perubahan kondisi dan sebagai daya ungkit terhadap percepatan peningkatan kualitas

Berkelanjutan

 

Memberikan jaminan bahwa inovasi pelayanan publik terus dipertahankan,diimplementasikan, dan dikembangkan dengan dukungan program dan anggaran, tugas dan fungsi organisasi, serta hukum dan perundang-undangan.

 

Penghargaan

Ajang Inovasi OPD BUMD merupakan pembinaan berjenjang dari tingkat Kota sampai dengan tingkat nasional.

1.    Semua pemenang akan menerima piagam keikutsertaan Inovasi OPD BUMD 2019 dari Walikota Pekanbaru.

2.    Bagi pemenang yang memenuhi kriteria, akan diberikan Piagam dan Uang Pembinaan oleh Walikota Pekanbaru:

a)    Juara 1 sebesar Rp  7.000.000,-

b)    Juara 2 sebesar Rp. 6.000.000,-

c)    Juara 3 sebesar Rp. 5.000.000,-

3.  Peserta yang memenuhi kriteria berpotensi dapat diusulkan untuk mengikuti Innovative Goverment Award (IGA) Kemendagri dan seleksi Sinovik Kemen. PAN RB.

 

Format Penyusunan Pengajuan Proposal

 

 

Hal Yang Dinilai dan Bobot Penilaian

Deskripsi

A.  Analisis  Masalah (5%)

1.   Apa masalah yang dihadapi sebelum dilaksanakannya inovasi pelayanan publik ini?

 

 

 

 

•   Uraikan situasi yang ada sebelum inovasi pelayanan publik ini dimulai, paling banyak 500 kata.

•   Apa saja masalah utama yang perlu diselesaikan? 

•   Kelompok sosial mana saja, misalnya kelompok miskin, buta huruf, penyandang cacat, lansia, imigran, perempuan, pemuda, minoritas etnis, yang terpengaruh; dan dalam hal apa?

B.  Pendekatan Strategis (20%)

1.   Siapa saja yang telah mengusulkan pemecahannya dan bagaimana inovasi pelayanan publik  ini telah memecahkan masalah tersebut?

•   Paling banyak 600 kata, ringkaskan tentang apa dan bagaimana inovasi pelayanan publik ini telah memecahkan masalah yang dihadapi. 

•   Uraikan strategi yang telah dilakukan, termasuk tujuan  utama dan kelompok sasarannya.

2.   Dalam hal apa inovasi pelayanan publik ini kreatif dan inovatif?

•   Paling banyak 200 kata, jelaskan bahwa inovasi pelayanan publik yang diajukan ini bersifat unik dan mampu menyelesaikan masalah dengan cara-cara baru dan berbeda dari metode sebelumnya serta berhasil diimplementasikan.

C.  Pelaksanaan dan Penerapan (35%)

 

1.   Bagaimana strategi pelaksanaan inovasi pelayanan publik ini?

•   Paling banyak 600 kata, uraikan unsur-unsur rencana aksi yang telah dikembangkan untuk melaksanakan inovasi pelayanan publik ini, termasuk perkembangan dan langkah-langkah kunci, kegiatan-kegiatan utama serta kronologinya. 

•   Unggah rencana aksi tersebut (ukuran berkas maksimal 2 MB atau kurang dari 5 halaman).

2.   Siapa saja pemangku kepentingan yang terlibat dalam pelaksanaan?

Paling banyak 300 kata, sebutkan siapa saja yang telah berkontribusi untuk desain dan/atau pelaksanaan inovasi pelayanan publik ini, termasuk pegawai negeri sipil yang relevan, instansi pemerintah, organisasi masyarakat, LSM, sektor swasta, dan lain-lain.

3.   Sumber daya apa saja yang digunakan untuk inovasi pelayanan publik ini dan bagaimana sumber daya itu dimobilisasi?

•   Paling banyak 500 kata, sebutkan biaya untuk sumber daya keuangan, teknis, dan manusia yang berkaitan dengan inovasi pelayanan publik ini.

•   Bagaimana inovasi pelayanan publik ini dibiayai dan siapa yang mendukung pembiayaan tersebut?

4.   Apa saja keluaran (output) yang paling berhasil?

Paling banyak 400 kata, sebutkan paling banyak lima keluaran konkret yang mendukung keberhasilan inovasi pelayanan publik ini.

5.   Sistem apa yang diterapkan untuk memantau kemajuan dan mengevaluasi inovasi pelayanan publik ini?

Paling banyak 400 kata, uraikan bagaimana pelaksanaan inovasi pelayanan publik ini dipantau dan dievaluasi.

6.   Apa saja kendala utama yang dihadapi dan bagaimana kendala tersebut dapat diatasi?

Paling banyak 300 kata, uraikan masalah utama yang dihadapi selama pelaksanaan inovasi pelayanan publik ini beserta cara penanggulangan dan penyelesaiannya.

D.  Dampak Sebelum dan Sesudah (25%)

 

1.   Apa saja manfaat utama yang dihasilkan inovasi pelayanan publik ini?

•   Paling banyak 700 kata, uraikan dampak dari inovasi pelayanan publik ini.

•   Berikan beberapa pembuktian /data yang menunjukkan dampak/manfaat dari inovasi pelayanan publik ini.

2.   Apa bedanya sebelum dan sesudah inovasi pelayanan publik ini dilaksanakan?

•   Paling banyak 700 kata, uraikan perbedaan sebelum dan sesudah inovasi pelayanan publik ini dilakukan.

•   Unggah dokumen pendukung yang berupa gambar disertai dokumen lainnya sebagai bukti perbedaan tersebut.

E.  Keberlanjutan (15%)

1.   Apa saja pembelajaran yang dapat dipetik?

Paling banyak 500 kata, uraikan pengalaman umum yang diperoleh dalam melaksanakan inovasi pelayanan publik ini, pembelajarannya, dan rekomendasi untuk masa depan.

2.   Apakah inovasi pelayanan publik ini berkelanjutan dan direplikasi?

•   Paling banyak 500 kata, uraikan bagaimana inovasi pelayanan publik ini sedang dilanjutkan (misalnya dalam hal berkelanjutan secara keuangan, sosial dan ekonomi, budaya, lingkungan, kelembagaan dan peraturan).

•   Jelaskan apakah inovasi ini sedang direplikasi (transfer of knowledge) atau didiseminasi untuk seluruh pelayanan publik di tingkat instansi, daerah, nasional dan/atau internasional.

•   Jelaskan bagaimana inovasi pelayanan publik ini dapat direplikasi.

 

 

 

 

Alur Pelaksanaan Kegiatan Penjaringan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat


 

Form Pendaftaran Krenova OPD-BUMD dan Surat Pernyataan Keaslian Karya


Formulir Pendaftaran bisa diantar langsung ke Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru, Jl. Dr. Sutomo No.1, Suka Mulia, Sail, Kota Pekanbaru.

Formulir juga bisa dikirim ke Email Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru,  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Anda juga bisa melakukan Pendaftaran secara Online melalui form yang sudah di sediakan oleh Pihak Panita, atau melalui QRCode yang sudah disediakan.

 

     Kembali ke halaman sebelumnya