Print this page

BPP KOTA PEKANBARU BERHASIL MENGHANTARKAN PEMKO TERBAIK NASIONAL I SEKTOR PERHOTELAN PADA LOMBA INOVASI DAERAH AMAN COVID 19

 

 

Jakarta-Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru berhasil menghantarkan Pemerintah Kota Pekanbaru terbaik nasional I sektor perhotelan pada Lomba Video Inovasi Daerah dalam penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19. Piagam penghargaan dan hadiah berupa Dana Insentif Daerah (DID) senilai 3 miliard rupiah diberikan langsung oleh Kepala BNPB RI, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dan diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si di Aula Kemendagri Jakarta, Senin (22/06).

Kepala BPP Pekanbaru, Masykur Tarmizi, S.STP., M.Si menyampaikan kegembiraan atas prestasi yang diperoleh Pemko Pekanbaru. Diketahui bahwa, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah disebutkan bahwa Badan Penelitian dan Pengembangan merupakan satuan kerja yang membidangi urusan Inovasi Daerah.

Menurutnya prestasi ini adalah buah hasil kerja keras dari seluruh tim terkait yang berasal dari OPD teknis yang mengurusi 7 (tujuh) sektor yang diperlombakan diantaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru yang memegang 3 (tiga) sektor yakni perhotelan, restoran, dan tempat wisata, Dinas Perhubungan, DPMPTSP, dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang memegang 2 (dua) sector yakni Sektor Pasar Tradisional dan Modern.

“Alhamdulillah, dari 7 sektor yang diperlombakan, Kota Pekanbaru mendapatkan juara I di sector perhotelan klaster Kota mengungguli 98 Kota lainnya di Indonesia, dilanjutkan Surabaya dan Semarang ditempat kedua dan ketiga. “ucapnya.

Selanjutnya, Kepala BPP ini juga menjelaskan bahwa BPP langsung bergerak untuk mengoordinasikan dan memfasilitasi dinas terkait, sejak digelarnya video conference oleh Kemendagri, Tito Karnavian pada tanggal 29 Mei 2020 lalu perihal Lomba Inovasi Daerah dalam penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19.

“Kami (BPP) langsung bergerak dan mengumpulkan OPD untuk mengoordinasikan terkait lomba inovasi daerah ini. Alhamdulillah, OPD terlihat sangat antusias untuk mempersiapkan tim kreatif pembuatan video lomba inovasi daerah dan mereka pun dapat menyelesaikan video sebelum masa tenggat waktu lomba berakhir sehingga BPP dapat mengirimkan video tersebut ke panitia lomba Kemendagri tanpa halangan yang berarti.” Terangnya.

Diketahui bahwa, kriteria penilaian terhadap lomba inovasi daerah ini ada 4 (empat) poin yang terdiri dari kesesuaian dengan protokol kesehatan covid (40%), aplikatif/replikasi (30%), strong idea (20%), dan Kolaborasi (10%).

Lebih lanjut, menurut Ka.BPP, video lomba inovasi sektor hotel yang dibuat oleh tim kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memenuhi seluruh kriteria di atas dengan sangat baik dan jelas sehingga dinilai dapat dijadikan standar baru tatanan perilaku hidup baru aman covid 19 di seluruh Indonesia. Selamat kepada Kadisbudpar dan tim kreatif nya. Ini adalah hadiah termanis pada Hari Jadi Ke-236 Kota Pekanbaru tahun 2020.

Di akhir wawancara, Ka.BPP menyampaikan terima kasih yang besar kepada seluruh OPD yang telah bekerja keras diantaranya Dinas Perhubungan, PTSP, dan Dinas Perdagangan Perindustrian Kota Pekanbaru yang telah bertungkus lumus ikut andil dalam lomba inovasi ini. Ia menilai di tengah pandemi Covid 19 ini, OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru dapat menampilkan sisi inovatif masing-masing.

"Terima kasih kepada seluruh tim kreatif OPD, walaupun belum berkesempatan masuk nominasi, namun video-video tersebut kami nilai telah bagus dan replikatif untuk sektor terkait dalam menumbuhkan kembali sektor ekonomi dan tata pemerintahan di Kota Pekanbaru dalam tatanan perilaku hidup baru, produktif dan aman covid-19.

Rate this item
(2 votes)

Related items