Print this page

Pasar Segar 99 Pekanbaru, Solusi Layanan Belanja dari Rumah Saja

 

Pekanbaru- Merebaknya virus corona atau Covid-19 memengaruhi berbagai sektor. Tak terkecuali sektor ekonomi. Omset pedagang turun seiring dengan imbauan pemerintah agar masyarakat bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Melihat situasi tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru terus melakukan pendataan terhadap inovasi yang diciptakan masyarakat terkait usaha ataupun jasa yang dinilai dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan membantu masyarakat yang saat ini berada dalam situasi physical distancing.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi, S.STP., M.Si kepada tim media BPP, Rabu (29/04).

"Kita proaktif melakukan pendataan, dan menerima informasi dari masyarakat terkait usaha dan jasa yang muncul di masa pandemic ini. Apresiasi kita pada masyarakat yang selalu berinovasi menciptakan peluang tak hanya bagi dirinya namun juga masyarakat luas. Kita dengan senang hati ikut mempromosikan usaha/jasa tersebut kepada masyarakat Pekanbaru melalui media yang BPP dan Pemko Pekanbaru miliki. "Ungkapnya.

Lebih lanjut, kepala BPP ini menyampaikan bahwa mereka baru saja mendata usaha jasa Pesan-Antar, yakni Pasar Segar 99 online.

"Pasar Segar 99 online ini menyediakan jasa belanja ke berbagai pasar di Pekanbaru dan melakukan pengantaran ke alamat pemesan dengan menjaga kehigienitasan dan tetap mengacu pada protokol kesehatan. "Tuturnya.

Dia adalah Bapak Lucky, salah seorang anak muda inovatif Pekanbaru yang juga seorang pengusaha di bidang Event Organizer. Beliau berinisiatif menyediakan jasa pesan-antar berbagai kebutuhan barang harian bagi masyarakat Pekanbaru yakni Pasar Segar 99 online. Ketika diwawancarai tim BPP Pekanbaru, beliau menuturkan bahwa ide ini muncul akibat pandemic dan adanya pembatasan sosial ke masyarakat.

"Ide Pasar segar 99 online ini muncul karena Saya melihat peluang dengan adanya pembatasan kegiatan di luar ruang, di samping itu, sudah menjadi rutinitas saya di akhir pekan berbelanja di pasar menemani orang tua, sehingga sudah memliki langganan. Dengan berbekal langganan tersebut ide ini mudah terealisasi. " ucapnya.

Ia menambahkan bahwa usaha jasa ini masih sangat belia, dan baru di launching pada 3 April 2020 lalu, namun diakuinya saat ini ia telah banyak memiliki pelanggan.

"Pasar Segar 99 online ini baru launching sekitar 3 minggu. Mulai beroperasi tanggal 3 April 2020 lalu. Namun, animo masyarakat pun sangat baik. Kami telah memiliki pelanggan tetap setiap hari yang memakai jasa pesan-antar Pasar Segar 99". Tambahnya.

Saat ini, Pasar Segar 99 online ini melakukan pembelian di beberapa pasar yang ada di Pekanbaru, dan tak menampik akan melayani seluruh pasar nantinya.

"Setiap hari kami bekerja melayani permintaan konsumen. Pengambilan barang dilakukan di pasar dupa, pasar kodim, pasar bawah, dan jika Ada permintaan khusus untuk buah segar, kami melayani belanja di pasar buah." Terangnya.

Untuk konsumen, tidak perlu khawatir dengan pelayanan dari Pasar Segar 99 karena manajemen tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam berbelanja hingga pengantaran kepada konsumen. Selain itu, Pasar Segar 99 online wajib dicoba karena memiliki diferensiasi dari pelaku usaha serupa.

"Untuk pelanggan setia dan calon pelanggan kami, jangan khawatir, kami menerapkan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker dan sarung tangan. Selain itu, konsumen mudah dalam melakukan pemesanan (pesan-bayar-antar), dan cukup tunggu #dirumahsaja, Efisien waktu dalam berbelanja, Higienitas barang (tidak perlu kontak dengan pasar basah) apalagi berdesak-desakan, barang pesanan terjaga kualitasnya karena dipilih oleh admin, serta yang terpenting harganya kompetitif." Terangnya.

Menurut Bapak Lucky, mengenai tarif pengantaran, nantinya akan disesuaikan dengan lokasi pengantaran, yang dimulai dari titik pasar tempat pengambilan barang.

Disinggung mengenai visi jangka panjang owner di usaha jasa Pasar Segar 99, Bapak Lucky menyampaikan harapan agar usahanya semakin berkembang dan membantu lebih banyak orang.

"Kedepannya, saya berharap Pasar Segar 99 bisa menjadi usaha rintisan (start-up) berbasis aplikasi, kita bisa menjadi wadah tenant-tenant untuk menggelar dagangan mereka. Karena sekarang kita masih memanfaatkan media Whatsapp untuk pemesanan." Tuturnya.

Di akhir wawancara, pemilik usaha Pasar Segar 99 menyampaikan harapannya agar pandemic cepat berlalu dan ekonomi kembali stabil.

"Ya kita sama-sama berdoa, pandemic ini cepat pergi, masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa, ya walaupun memerlukan adaptasi. Semoga geliat perekonomian masyarakat kembali hidup. Tak lupa, mari pakai jasa Pasar Segar 99 sebagai rekan ibu-ibu berbelanja secara praktis, efisien, dan higienis. Pesan layanan kami di
Ig : @pasarsegar99
Cp : 085274871640 

Tutupnya (BPP-DSM).

Last modified on Wednesday, 29 April 2020 08:22
Rate this item
(2 votes)

Related items