Print this page

KLHK GANDENG BPP DALAM PENYUSUNAN RENCANA PENGELOLAAN SDA DAN LINGKUNGAN HIDUP PERKOTAAN

Pekanbaru-BPP Pekanbaru turut serta dalam memenuhi undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Pusat Pengendalian Pembangunan ekoregion Sumatera (P3ES), dalam rangka Penyusunan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Perkotaan sektor Transportasi Pekanbaru bertempat di Kantor KLHK Riau, Jl. H. R. Soebrantas, Kamis pagi (12/03).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi, S.STP, M.Si sangat mendukung dan menyambut baik dilibatkannya Pemko Pekanbaru dalam penyusunan rencana pengelolaan SDA dan Lingkungan perkotaan ini.

“Kita sangat apresiasi atas dilibatkannya Pemko Pekanbaru melalui OPD terkait dalam penyusunan rencana pengelolaan SDA dan lingkungan perkotaan ini oleh KLHK. Pertemuan ini dilakukan P3ES dalam rangka pengumpulan data awal terkait poin-poin yang dibutuhkan oleh P3ES dalam melakukan penyusunan perencanaan tersebut”.

Pemerintah Kota Pekanbaru melalui OPD terkait melakukan pemaparan beberapa hal diantaranya pemaparan daya dukung dan daya tampung kota, program strategis yang telah dan akan dilakukan, visi misi Pemerintah Kota Pekanbaru dan kendala-kendala yang dihadapi dalam bidang transportasi di Kota Pekanbaru.

Lebih lanjut, Kepala BPP Pekanbaru pun mengatakan, kendala perkotaan di bidang transportasi harus dicarikan solusi secara bersama antarlintas stakeholder.

“Kendala yang dihadapi dalam sektor transportasi perkotaan di kota Pekanbaru salah satunya adalah kemacetan. Hal ini terjadi diakibatkan terkonsentrasinya pusat kegiatan masyarakat di beberapa titik kota saja. Dari segi wilayah, Kota Pekanbaru baru sekitar 30% saja yang menjadi pusat aktivitas masyarakat, hal ini berimbas pada pembangunan jalan yang hanya berkembang dikawasan padat penduduk. Selain itu, manajemen lalu lintas yang belum optimal karena terbatasnya kapasitas jalan itu sendiri. Belum lagi tingginya gangguan samping berupa adanya parkir liar maupun PKL.” Ulasnya.

Untuk itu, pihak Pemko Pekanbaru pada dasarnya akan terbuka terkait data-data yang dibutuhkan oleh KLHK melalui P3ES dalam penyusunan dokumen perencanaan pengelolaan SDA dan Lingkungan Hidup Perkotaan sektor transportasi ini. Nantinya di tahap akhir pengumpulan data ini, Pemko Pekanbaru dan KLHK melalui P3ES akan menyeminarkan hasil kajian perencanaan ini dihadapan Wali Kota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST., MT.

“Ya, terkait hasil kajian akhir nya nanti akan diseminarkan, dan kita akan fasilitasi ke Bapak Wako”. Tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadiskominfo, perwakilan Kadis LHK, Perwakilan KaBappeda dan Perwakilan Kadis Perhubungan. (BPP)

Last modified on Thursday, 12 March 2020 12:49
Rate this item
(1 Vote)

Related items