Print this page

BPP Kemukakan Kajian terkait E-Musrenbang/E-Pokir Pekanbaru

Pekanbaru – BPP Kota Pekanbaru hadir dan kemukakan rekomendasi kajian terhadap penyusunan e-Musrenbang dan e-Pokir (Pokok Pikiran) Kota Pekanbaru yang diinisiasi oleh Bappeda Kota Pekanbaru, di Ruang Rapat Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Selasa (11/02).

Dalam acara pembahasan kategori usulan e-Musrenbang dan e-pokir yang masuk ke dalam Rencana Kerja (Renja) Perangkat daerah tersebut, BPP hadir memberikan rekomendasi aktual berdasarkan kajian singkat yang dilakukan sebelumnya berupa mini laporan. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan BPP Pekanbaru, Dr. Andin Niantima Primasari, S.IP., M.Si.

Menurutnya, ada dua hal kajian BPP yang sekiranya dapat dijadikan sebagai rekomendasi aktual terhadap kegiatan tersebut. Diantaranya adalah sistem Self assesment system dan official assessment system dan  official assessment system.

“Hari ini kita hadiri pertemuan terkait kajian BPP terhadap e-Musrenbang dan e-Pokir Kota Pekanbaru. BPP merekomendasikan agar penyaringan e-Musrenbang dan e-Pokir dilakukan dengan sistem Self assesment system dan official assessment system. Self assessment system merupakan sebuah sistem penilaian yang dilakukan sendiri oleh pengusul program dan kegiatan yang akan dimasukkan dalam rencana kerja setelah melalui tahapan verifikasi oleh sistem. Setiap pengusul baik itu masyarakat atau perwakilan maupun anggota DPRD menilai sendiri usulannya dengan kriteria yang sudah ditentukan.

Lebih lanjut beliau menyatakan, juga dilakukan official assessment system, perangkat daerah yang menjadi tujuan dari program dan kegiatan usulan berhak menilai usulan yang masuk tersebut. Dari kedua penilaian inilah kemudian hasilnya akan dikompilasi dan menghasilkan penilaian yang terbuka terhadap usulan musrenbang dan pokir yang masuk. “ Terangnya.

Pada kesempatan ini, BPP juga memberikan saran agar sistem penilaian ini dapat diintegrasikan dengan e-planning.

“Kita berharap, rekomendasi ini menjadi solusi di tengah permasalahan yang timbul dalam sebuah perencanaan buttom-up dalam pemerintahan daerah khususnya Kota Pekanbaru. “ Tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, para Kepala Bidang, Tenaga Fungsional Perekayasa dan Analis Kebijakan dilingkungan BPP. (BPP_VD).

 

 

 

Last modified on Thursday, 27 February 2020 01:55
Rate this item
(0 votes)

Related items